3 Hal Yang Dapat Kita Pelajari Dari Seorang Steve Job (Bagian II)

 

Kedua: Cinta dan Kehilangan

 

Steve Job memulai Apple dari garasi rumah orang tuanya, ketika usianya masih menginjak 20 tahun.

 

Dengan kerja keras, dalam kurun waktu 10 tahun, perusahaan yang dimulai dengan 2 orang ini, dapat dikembangkan Steve Job menjadi perusahaan yang bernilai 2 milyar dollar dengan sekitar 400 karyawan. Mereka berhasil meluncurkan produk yang bernama Macinstosh.

 

Dan ...

 

Steve Job dipecat!

 

Bagaimana mungkin Steve Job dipecat dari perusahaan yang dimulainya?

 

Steve Job bilang bahwa sejalan dengan berkembangnya Apple, Dia mempekerjakan seorang yang menurutnya sangat berbakat untuk mendampinginya memimpin perusahaan. Dan dalam tahun pertama, semuanya berjalan mulus. Tetapi pandangan keduanya kemudian tidak lagi searah, dan perusahaan mengalami kebangkrutan.

 

Kemudian Dewan Direksi dan orang yang diangkat Steve Job memimpin perusahaan berseberangan dengan Steve Job.

 

Lalu...

 

Steve Job benar-benar keluar dari hal yang dimulainya sendiri!

 

Dalam beberapa bulan, dia benar-benar tidak tahu mau melakukan apa.

 

***
 
Bagaimana Steve Job sebagai pendiri Apple, kemudian diberhentikan dari perusahaan yang dia bangun sendiri. Tidak mudah! Kita dapat membayangkan, atau mencoba merasakan betapa sakitnya jika hal itu terjadi pada diri kita. Bahkan Steve Job pun mengakuinya.

 

Namun itulah bedanya Steve Job! Dia mengatakan dia masih mencintai apa yang pernah dia lakukan (mulai). Dia ditolak, tapi dia masih mencintai pekerjaannya. Dan, dia memulainya lagi.

 

Dan lihatlah bagaimana kemudian Steve Job mengartikan pemberhentiannya dari Apple menjadi momen terbaiknya.
 

***

 

5 Tahun kemudian dia mendirikan perusahaan Next. Lalu Pixar, perusahaan pembuat film komputer animasi pertama di dunia, dan yang terbaik hingga saat ini. Dan hal lain adalah, menurut pengakuannya, dia jatuh cinta dengan seorang wanita, yang pada akhirnya menjadi istrinya.

 

Bagaimana mungkin kita terbuang dari hal yang kita mulai? Namun baginya itu adalah kejadian yang membuatnya lebih baik.

 

Anda tahu apa yang dikatakannya tentang akibat pemecatannya dari Apple?

 

Pixar dan Next tidak akan pernah ada, jika seandainya dia tidak dipecat dari perusahaan yang didirikannya tersebut.

 

Anehnya Apple kemudian membeli Next, perusahaan yang didirikan Steve Job setelah dipecat dari Apple. Dan inilah jalan Steve Job kembali ke Apple.

 

Dan teknologi yang dikembangkan di Next  adalah teknologi yang kemudian menjadi bentuk baru dari Apple saat ini.

 

***

 

Terkadang hidup bisa sangat kejam, menghunjam kita hingga terjatuh, tapi jangan hilang kepercayaan. Apa yang membuat kita bisa terus bertahan, adalah, ketika kita mencintai apa yang kita lakukan. Anda harus menemukan apa yang anda cintai.

 

Dan untuk benar-benar puas, adalah melakukan apa yang anda yakini adalah pekerjaan besar. Dan satu-satunya jalan untuk melakukan pekerjaan besar adalah, dengan mencintai apa yang anda lakukan.

 

Jika anda belum menemukannya, cari!

 

Anda akan tau, ketika anda menemukannya.

 

Cari terus. Jangan pernah berhenti!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

5G Dan Kegunaannya Di Masa Depan

  Jika sekarang anda merasa puas dengan kemampuan ponsel pintar anda yang dapat mengambil foto, dapat melakukan pencarian,¬† atau berselancar di internet, atau bahkan memainkan musik untuk anda, maka sebentar lagi anda akan merasa bahwa ponsel pintar tersebut sudah tidak bisa lagi memenuhi ekspektasi anda.   Teknologi memang menjanjikan kehidupan yang lebih baik, termasuk perkembangan […]

3 Hal Yang Dapat Kita Pelajari Dari Seorang Steve Job (Bagian III)

  Ketiga: Kematian   Ketika berusia 17 tahun, Steve Job pernah membaca sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa jika anda hidup setiap hari seperti hari terakhir anda, suatu ketika itu akan benar-benar terjadi.   Tulisan itu membuatnya terkesan, dan, sejak itu, untuk waktu selama 33 tahun, setiap pagi, Steve Job selalu melihat dirinya di depan cermin […]