Apa yang Anda Ketahui Mengenai Jantung?

 

Serangan jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja.

 

Ada sejumlah hal yang dapat meningkatkan risiko, termasuk kelebihan berat badan, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes dan terutama orang di atas usia 60 tahun.

 

Di sini saya tidak akan menjelaskan bagaimana menghadapi serangan jantung, atau tindakan apa yang harus diambil jika seseorang terkena serangan jantung. Artikel ini mengarah ke lebih banyak diskusi tentang fungsi jantung dan anatomi jantung, dan cara kerjanya.

 

Fungsi jantung adalah untuk menerima dan memompa darah ke seluruh tubuh.

 

Dalam kondisi normal, setiap menit, jantung pada orang dewasa berdetak 60-100 kali. Jantungnya sedikit lebih besar dari kepalan tangan orang dewasa dengan berat 200-425 gram. Struktur jantung berada di antara paru-paru, di tengah dada, tepatnya di belakang kiri tulang dada.

 

 

Berikut ini adalah penjelasan anatomi fisiologi jantung.

 

Bagian Jantung dan Fungsinya

 

1. Perikardium

 

Perikardium adalah jenis membran serosa yang menghasilkan cairan serosa untuk melumasi jantung saat berdenyut. Tujuannya berguna untuk mencegah gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ-organ sekitarnya.

 

2. Beranda

 

Teras atau atrium adalah bagian atas jantung yang terdiri dari serambi kanan dan kiri. Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah kotor dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah, sedangkan serambi kiri berfungsi untuk menerima darah bersih dari paru-paru. Teras memiliki dinding tipis dan tidak berotot karena fungsinya hanya sebagai penerima darah.

 

3. Kamar

 

Bagian anatomi jantung selanjutnya adalah bilik. Ruang yang disebut ventrikel adalah bagian jantung bawah yang terdiri dari bagian kanan dan kiri. Ruang kanan berfungsi untuk memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru, sedangkan ventrikel kiri berfungsi untuk memompa darah bersih ke jantung untuk seluruh tubuh. Dinding bilik ini berbeda dari dinding teras, bilik memiliki dinding yang jauh lebih tebal dan lebih berotot.

 

4. Katup

 

Katup berfungsi untuk menjaga aliran darah dalam satu arah. Ada empat katup, yaitu:

 

1. Katup Trikuspid, berfungsi mengatur aliran darah antara serambi kanan dan ruang kanan.

 

2. Katup Paru, berfungsi untuk mengatur aliran darah dari ruang kanan ke arteri paru yang membawa darah ke paru-paru untuk mengekstraksi oksigen.

 

3. Katup Mitral, berfungsi untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen dari teras kiri ke ventrikel kiri.

 

4. Katup Aorta, berfungsi untuk membuka jalan bagi darah yang kaya oksigen untuk dialirkan dari ventrikel kiri ke aorta.

 

5. Pembuluh Darah

 

Ada tiga pembuluh darah di jantung, yaitu:

 

- Arteri, berfungsi untuk membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke bagian tubuh lainnya.

 

- Vena, berfungsi membawa darah miskin oksigen dari seluruh tubuh ke jantung.

 

- Kapiler, berfungsi untuk menghubungkan arteri terkecil dengan vena terkecil.

 

Cara Kerja Jantung

 

Jantung bekerja untuk memompa dan memasok darah ke seluruh bagian tubuh kita.

 

Atrium kanan menerima darah dari seluruh tubuh melalui vena cava yang kemudian mengalir ke ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan dipompa keluar jantung ke paru-paru untuk bertukar karbon dioksida dengan oksigen. Darah yang telah diisi dengan oksigen, kemudian dipompa ke atrium kiri, kemudian ke ventrikel kiri, dan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh melalui aorta.

 

Dengan mengetahui bagaimana jantung kita bekerja, fungsinya, dan anatomi jantung, kita mungkin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jantung kita dan untuk dapat mempertahankan kondisi jantung kita dengan mengadopsi gaya hidup sehat sehingga jantung kita terus bekerja secara optimal .

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *