Apakah Yang Dimaksud Dengan Kode Swift?

 

SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

Kode Swift adalah format standar Kode Pengenal Bank yang merupakan kode unik untuk mengindentifikasi bank tertentu.

Kode Swift  ini digunakan saat mentransfer uang antar bank, terutama untuk transfer internasional. Bank juga menggunakan kode ini untuk berkomunikasi antara satu bank dengan bank yang lain.

Terdiri dari 8 atau 11 karakter, Kode SWIFT mempermudah  pengiriman uang dari satu bank ke bank yang lainnya. Jika hanya menyertakan 8 karakter, itu menandakan bahwa bank tersebut merupakan bank utama (bukan cabang).

Formatnya adalah sebagai berikut:

WWWW XX YY ZZZ

Empat karakter pertama (WWWW) merupakan kode bank yang hanya menggunakan huruf.

Dua karakter berikutnya (XX) adalah kode negara dan juga hanya menggunakan huruf.

Dua karakter berikutnya (YY) adalah merupakan kode lokasi. Boleh menggunakan huruf atau angka.

Tiga karakter terakhir (ZZZ) adalah merupakan kode cabang bank tersebut. Kode cabang ini bisa menggunakan angka atau huruf.

Pendaftaran Kode Swift ditangani oleh Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, yang berkantor pusat di La Hulpe, Belgia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Profil Kabupaten Tapanuli Tengah

  Tapanuli Tengah adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.   Tapanuli Tengah ibukotanya Pandan.   Luas Wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 2194,98 km persegi.   Hari jadi Kabupaten Tapanuli Tengah ditetapkan pada tanggal 24 Agustus berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 19 Tahun 2007.   Dasar Hukum pembentukan Kabupaten Tapanuli Tengah adalah Undang […]

Negara Anggota Kelompok 20 (G-20)

Di bawah ini adalah daftar Anggota Kelompok 20 (G-20) Argentina Australia Brasil Kanada Cina Uni Eropa Perancis Jerman India Indonesia Italia Jepang Meksiko Rusia Arab Saudi Afrika Selatan Korea Selatan Turky Inggris Amerika Serikat