Ayo Berolahraga

Pagi ini, hari kedua olahraga di pantai, dalam rangka program pribadi untuk menjaga kesehatan.

 

Mengapa. Ya, mengapa.

 

Mengapa harus berolahraga di pantai?

 

Mengapa harus di pagi hari, dan banyak mengapa lain yang harus ditanyakan pada kegiatan ini. Dan terakhir mengapa harus berolahraga.

 

Akhirnya pertanyaan ini yang harus saya jawab terlebih dahulu.

 

Ya, sehat. Tujuan utamanya adalah untuk kesehatan. Karena bagaimanapun kesehatan adalah hal yang paling berharga dalam hidup ini.

 

Saya pernah melihat video sebuah perusahaan asuransi yang secara detil dan gamblang menjelaskan bahwa kesehatan itu adalah harta yang paling berharga. Terlepas dari tujuan utama asuransi tersebut untuk menggaet pelanggan agar mau mengikuti program asuransi mereka, dan jelas semata-mata untuk keuntungan mereka. Dan saya sangat respek akan apa yang mereka lakukan, sebab dari paparan mereka dalam video tersebut sangat jelas mengatakan bahwa kesehatan memang tidak tergantikan oleh uang yang banyak sekalipun. Dan aku terinspirasi, karena, bukan saja membuat saya jadi mencoba membuat program berolahraga sendiri, tetapi juga menjadi sebuah ide dan pemikiran sehingga menghasilkan tulisan ini. Sekali lagi saya sangat berterima kasih atas paparan perusahaan asuransi tersebut.

 

Sangat berbeda dengan tayangan iklan produsen makanan di televisi, terlebih restoran cepat saji yang mengiklankan kelezatan ayam mereka, walau mereka tidak pernah menjelaskan efek makan ayam karbitan tersebut setiap hari untuk jangka waktu yang lama.

 

Kita tidak pernah membayangkan efek samping akibat makan ayam yang tumbuh dan berkembang dari makanan yang mengandung obat-obatan, dimana ayam tersebut akan berkembang menjadi ayam dewasa hanya dalam waktu 1 bulan, dan dalam hidupnya ayam-ayam tersebut tidak pernah 'bergerak' sedikitpun melangkah dari kandangnya.

 

Sama halnya dengan perusahaan rokok yang menanyangkan hal-hal menarik yang tidak berkaitan dengan kerugian yang ditimbulkannya, untuk menarik pembeli untuk mengkonsumsi rokok yang ternyata dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung atau penyakit lainnya yang mematikan.

 

Itu baru satu hal. Ternyata banyak hal lain yang bisa saya petik dari tayangan video mereka. Dengan berolahraga saya berharap dapat menjadi lebih sehat. Dan berikutnya ternyata ketika berolahraga pagi di tepi pantai saya dapat mengamati banyak hal. Garis pantai yang berubah setiap hari. Ayunan gelombang yang tidak selalu sama dan tidak berhubungan dengan waktu, sebab ombak ternyata tidak otomatis  memiliki pola yang sama untuk jam yang sama. Ombak pagi tidak akan selalu sama di saat yang sama keesokan harinya. Terkadang sangat tenang. Juga bisa sangat bergelora, sebagaimana angin berhembus dan kekuatan yang menyertainya.

 

Disitu pula kita mengerti akan keberadaan Sang Pencipta, begitu kecilnya kita, bahwa kita tidak berbeda dengan butiran pasir di laut, yang dihempaskan oleh gelombang ke pantai dan kemudian menyeretnya kembali ke dalam lautan. Dan pada saat itu pula kita tidak boleh gegabah dan jumawa. Rasa takut akan hadir pada saat gelombang datang lebih besar. Kesendirian, seorang diri di tepi pantai, mandi, berenang menimbulkan ketakutan tersendiri yang membuat kita harus berhati-hati, dan meminta izin kepada alam agar tak terseret ke dalam gulungan ombak dan membawa kita ke tengah laut.

 

Mengapa lain yang tidak bisa saya jelaskan adalah bahwa mengapa di pagi hari dan mengapa harus ke pantai. Kebetulan, atau sebenarnya adalah rencana/jalanNya. Mengapa harus di pagi hari, karena memang itulah waktu yang ada sebelum berangkat ke kantor. Dan mengapa di tepi pantai, karena disitulah saya bisa berlari dan berenang tanpa harus mengeluarkan biaya.

 

***

 

Jika harus menjelaskan sedikit tentang isi video perusahaan asuransi tersebut, isinya dalah tentang orang-orang yang rela mengeluarkan uangnya ratusan juta bahkan miliaran untuk membeli sebuah rumah. Tentang orang-orang yang membelanjakan uangnya ratusan juta untuk membeli mobil. Tentang wanita yang mau saja menghabiskan uangnya puluhan juta hanya demi sebuah tas. Atau kita-kita yang mau saja membeli Gadget terbaru yang bernilai jutaan bahkan puluhan juta. Serta membeli pakaian mahal. Semua itu sudah merupakan hal yang biasa.

 

Tapi untuk mengeluarkan uang jutaan atau bahkan cuma ratusan ribu untuk kesehatan kita cenderung berpikir dua kali, atau bahkan berkali-kali, karena merasa itu terlalu mahal. Padahal untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman masih harus mengeluarkan uang puluhan juta. Demikian juga untuk pemeliharaan kendaraan. Bahkan kita memikirkan pelindung HP agar tidak tergores dan cepat rusak.

 

Jika membeli pakaian mahal kita bisa buktikan dengan struk pembelian. Pembelian mobil dibuktikan dengan BPKB dan STNK, dan rumah dibuktikan dengan sertifikat. Berapakah nilai atau harga dari manusia itu sendiri? Itu hanya dapat dibuktikan dengan kesehatan!

 

Padahal sebenarnya kesehatan adalah asset yang paling berharga. Kesehatan bukan warisan. Kesehatan adalah harta.

 

Tempat tidur apakah yang paling mahal. Bukan tempat tidur yang terbuat dari kayu jati atau yang terbuat dari lapisan emas sekalipun. Tempat tidur termahal adalah tempat tidur rumah sakit.

 

Jika sopir dapat menggantikan kita mengendarai mobil. Jika sebagai pengusaha kita dapat menggaji orang untuk menghasilkan uang untuk kita. Jangan harapkan seseorang mau menggantikan anda untuk merasakan sakit yang anda alami. Selain tidak ada yang mau, juga itu adalah hal yang tidak mungkin.

 

Jika barang yang hilang dapat kita temukan kembali. Atau jikapun kita ingin menggantinya dapat dengan membeli yang baru.

 

Tapi ada satu hal yang tidak tergantikan, yaitu NYAWA. Jadi ayo kita menjaga kesehatan kita.

 

Jika perusahaan asuransi mengaitkannya dengan produk asuransi mereka, saya hanya bisa mengajak anda untuk berolahraga.

 

Ayo sehat bersama.

 

Ayo berolahraga.

 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *