Kebahagiaan hanyalah masalah waktu.
Jika kita bertekun, iklas dan sabar,
pasti akan tiba waktunya.
(Oleh: Dabuan Bodil)

Mungkin anda pernah melihat kenyataan bahwa orang baik tidak selalu dipenuhi oleh keberuntungan, dan orang kurang baik selalu didatangi kelimpahan.
 

Jika anda termasuk orang baik tersebut dan belum didatangi oleh keberuntungan, jangan berkecil hati, bisa jadi itulah ujian yang sebenarnya.
 

Sebaliknya, kalau pada hari ini kehidupan anda berkecukupan dan kebetulan jalan hidup anda kurang benar, bukan berarti anda harus tetap melanjutkan pola hidup yang demikian. Yakinlah itu adalah bekal anda untuk mengerti kehidupan di masa yang akan datang jika hal yang berlawanan menghampiri anda.
 

Bumi itu bundar. Dan berputar. Demikian juga dengan kehidupan.
 

Jika pada hari ini anda sudah sangat berkecukupan, dan seakan tidak ada lagi yang kurang bagi anda, percayalah suatu saat akan tiba waktunya hal tersebut akan diambil dari kehidupan anda. Tidak ada yang dapat menjamin hari esok.

 
Sementara itu, banyak diantara kita saat ini yang masih serba kekurangan, yakinlah suatu saat masa itu akan berlalu, sepanjang kita iklas, sabar dan tekun menjalani kehidupan ini kebahagiaan itu akan datang menghampiri, entah bagaimana caranya, karena sebenarnya hal itu ada di luar nalar kita. Karena pada prinsipnya hal tersebut adalah pemberian, bukan hasil atau jerih payah kita sendiri.

 
Seperti siang dan malam, kehidupan pun akan selalu berubah. Kita tidak pernah tahu di tengah panas matahari yang sangat terikpun dapat terjadi hujan dan badai. Dan tidak ada badai yang tidak akan berhenti.
 
Seperti apa pun kehidupan yang anda jalani saat ini, seperti apa pun kenyamanan yang anda terima saat ini, dan kekurangan yang anda peroleh saat ini, mari kita coba untuk mengerti bahwa kehidupan ini bagaikan roda yang berputar yang kita berada pada salah satu sisinya, akan berputar mengelilingi suatu sumbu yang akan membuat kita kadang berada di bagian bawah dan pada saat lain akan berada di bagian atas. Kita hanya bisa menunggu giliran masing-masing. Dan menunggu itu butuh kesabaran.
 
Apa yang anda dapatkan hari ini bukanlah hal yang akan tetap anda dapatkan di kemudian hari. Bersiaplah untuk hal yang berlawanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *