Kebebasan adalah tentang ruang dimana anda bisa 'bergerak'.
(Oleh: Dabuan Bodil)

 

Kemerdekaan! (Kebebasan!)
 

Tidak ada yang lebih indah dari itu.
 

Seperti judul tulisan diatas, "Kebebasan adalah tentang ruang dimana anda bisa 'bergerak'". Bergerak, tidak terkungkung. Bebas dalam artian secara fisik kita tidak terikat oleh keterbatasan ruang. Kita bebas kemana saja kita mau, tanpa dibatasi oleh penghalang yang membuat kita merasa terikat.
 

Apa artinya?
 

Banyak! Bebas berati kita tidak dalam keadaan terkekang, tidak terpenjara. Tidak dibatasi oleh suatu 'tembok' yang dapat menghalangi kita untuk beraktifitas. Begitu berharganya kebebasan sehingga seseorang harus menjaga sikap dan tingkah laku agar tidak melanggar hukum dan masuk penjara.
 

Bebas dalam arti kata yang lebih luas, bebas menentukan nasib sendiri. Tidak dikontrol oleh orang lain. Bahkan untuk mendapatkan kebebasan seseorang (setiap orang) rela mengorbankan diri ataupun nyawa untuk memperolehnya. Begitu dramatiskah tulisan ini? Tidak. Kita tahu bahwa kebebasan bangsa ini pun ditebus dengan darah, air mata dan penderitaan. Kebebasan yang diperjuangkan tersebut bernama 'Kemerdekaan'.
 

Jika kita ingin membahas kebebasan dalam arti yang lebih luas lagi, kebebasan adalah kemerdekaan kita berpikir dan bertindak. Kebebasan mengeluarkan pendapat. Kebebasan mengekspresikan diri. Kebebasan untuk menjadi diri sendiri.
 

Bebas! Dapatkan arti yang sebenarnya dalam diri anda, dengan tidak melanggar hukum, dengan menjaga etika, dengan menghargai orang lain, karena bagaimanapun, kebebasan adalah hak asasi setiap orang sehingga kebebasan kita pun harus tidak melanggar kepentingan orang lain.
 

Bagikan ke teman? Pilih di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *